Gejala Asma

Gejala AsmaPenyakit Asma adalah suatu kondisi paru-paru yang kronis yang ditandai dengan sulit bernapas. Saluran pernapasan penderita asma sangat sensitif dan memberi respons yang sangat berlebihan jika mengalami rangsangan atau gangguan. Saluran pernapasan tersebut bereaksi dengan cara menyempit dan menghalangi udara yang masuk. Penyempitan atau hambatan ini bisa mengakibatkan salah satu gabungan dari berbagai gejala mulai dari batuk, sesak, napas pendek, tersengal-sengal, hingga napas yang berbunyi “ngik-ngik”.

Gejala Asma

Gejala Asma

Tanda-tanda peringatan awal dialami penderita asma sebelum munculnya suatu episode serangan asma. Tanda-tanda ini sifatnya unik untuk setiap individu. Selain itu, pada individu yang sama pun, tanda-tanda peringatan awal bisa sama, hampir sama atau sama sekali berbeda pada setiap episode serangan. Beberapa tanda peringatan awal mungkin dideteksi hanya oleh yang bersangkutan. Sedang tanda peringatan awal yang lain lebih mungkin terlihat oleh orang lain.

Beberapa contoh tanda gejala awal asma dari serangan asma adalah :

  • Perubahan dalam pola pernapasan
  • Bersin-bersin
  • Perubahan suasana hati (moodiness)
  • Hidung mampat atau hidung meler
  • Batuk
  • Gatal-gatal pada tenggorokan
  • Sering merasa capek
  • Lingkaran hitam di bawah mata
  • Susah tidur
  • Turunnya toleransi tubuh terhadap kegiatan olaharaga

Gejala asma

Gejala-gejala asma akut memberi indikasi bahwa suatu serangan asma sedang terjadi. Contoh gejala asma meliputi :

  • Napas berat yang berbunyi “ngik-ngik”
  • Batuk-batuk
  • Napas pendek tersengal-sengal
  • Sesak dada

Hal-hal di atas menunjukkan bahwa perubahan telah terjadi pada saluran pernapasan dan aliran udara terhambat. Penderita asma mengalami beberapa atau semua gejala di atas pada suatu serangan. Tindak penanganan harus dilakukan untuk mengatasi gejala-gejala tersebut agar tidak menjadi lebih buruk.

Penyakit asma merupakan salah satu jenis penyakit yang kronis dan menahun sampai saat ini masih belum diketahui apa obatnya dan belum bisa disembuhkan dengan tuntas. Sehubungan dengan terjadinya suatu reaksi alergi yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma. Namun dengan melakukan cara mengatasi gejala asma ringan dengan tepat maka asma bisa dengan mudah dikontrol sehingga tidak akan mengganggu suatu aktivitas sehari-hari dan tidak akan kambuh lagi.

Beberapa hal yang menjadi penyebab gejala asma pada anak adalah :

  1. Faktor keturunan atau faktor genetik
  2. Infeksi pada saluran napas saat bayi atau masa balita.
  3. Paparan dari faktor lingkungan misalnya seperti rokok, polusi udara
  4. Alergi pada debu, binatang peliharaan, serbuk sari atau polen dan juga jamur
  5. Aktivitas fisik yang berlebihan yang bisa memicu dari terjadinya penyakit asma.
  6. Perubahan pada cuaca, khususnya adalah cuaca dingin.

Diagnosis gejala asma pada orang dewasa di tegakkan dengan cara mengetahui riwayat penyakit asma dan juga salah satu deskripsi dari gejala asma, melakukan pemeriksaan fisik, tes pada fungsi paru atau Peak Flow Metri atau Spirometri, pemeriksaan yang lain untuk membantu menyingkirkan dari diagnosis banding yang lainnya. Dan tes alergi yang dilakukan pada kulit yang bisa dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebab dari alergi dan kadang menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit asma.

Tujuan dari pengobatan gejala asma yang dilakukan adalah :

  1. Bisa hidup dengan normal dan dalam keadaan aktif.
  2. Gejala asma pada balita yang seminimal mungkin bahkan bisa adanya tanpa atau suatu gejala.
  3. Bisa masuk sekolah atau bekerja setiap harinya tanpa mengalami gangguan akibat serangan asma
  4. Mencegah kambuhnya asma di malam hari
  5. Bisa melakukan aktivitas harian, bermain dan bisa mengikuti olahraga tanpa mengalami gangguan sama sekali akibat asma.
  6. Menggunakan obat asma untuk membantu mengatasi serangan asma yang terjadi seminimal mungkin.
  7. Mengurangi atau juga menghindari dari serangan asma yang memerlukan suatu penanganan yang harus dilakukan oleh dokter dengan segera atau juga UGD dirumah sakit.
  8. Menggunakan obat untuk mengontrol asma tanpa adanya suatu efek samping atau seminimal mungkin.

Pengobatan gejala asma dibagi menjadi dua yakni adalah pengobatan dengan tujuan untuk mencegah serangan asma dan pengobatan untuk mengatasi serangan asma. Pencegahan gejala asma dilakukan dengan jangka panjang berupa penggunaan alat inhaler atau obat semprot dan serbuk halus yang dihirup sampai ke paru-paru. Obat golongan ini mempunyai fungsi untuk mengurangi reaksi yang terjadi dari peradangan pada saluran napas sehingga bisa mencegah terjadinya serangan atau jangkitan penyakit asma.

Sedangkan pengobatan gejala asma pada anak-anak dengan mengatasi serangan asma mempunyai manfaat dan fungsi untuk melebarkan kembali secepatnya jalan napas yang mengalami penyempitan disaat serangan asma datang, sehingga terjadinya suatu pertukaran udara dan bisa kembali dengan normal dari gejala sesak nafas akan berkurang atau bahkan hilang.

Itulah informasi mengenai gejala asma dan cara mengobati asma. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Gejala Asma


=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Mengobati Penyakit Asma dan Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Asma and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.